Informasi

Perlindungan Tiang Baja

Perlindungan Tiang Baja November 01, 2014

Baja adalah logam paduan atau logam besi sebagai dasar dengan beberapa elemen lainnya, termasuk karbon. Kualitas pada baja bias didapatkan dengan cara memvariasikan kandungan karbon dan unsur lainnya. Karbon berguna sebagai unsur pengeras pada baja dengan melakukan pencegahan pada dislokasi agar tidak bergeser pada kisi Kristal (crystal lattice) atom besi. Pada masa modern ini, baja diklasifikasikan berdasarkan kualitas oleh lembaga-lembaga standar.

Besi dapat ditemukan pada bagian kerak bumi hanya dalam bentuk bijih. Bijih biasanya berbentuk besi oksida. Biji besi diekstraksi sehingga kandungan atom oksigen di dalamnya dapat menghilang, kemudian digabungkan dengan atom lain seperti karbon. Beberapa material juga ditambahkan untuk mendapatkan baja dengan karakteristik atau kualitas yang diinginkan.

Dalam pencegahan korosi, pada permukaan baja ditambahkan kromium sehingga membentuk oksida yang keras. Baja yang telah ditambahkan kromium dikenal dengan nama stainless steel. Baja merupakan logam yang mudah berkarat. Karat besi yang dihasilkan berupa zat padat berwarna coklat kemerahan yang bersifat rapuh serta berpori. Dampak dari korosi sangat merugikan, sehingga sangat penting untuk melakukan pencegahan korosi pada baja. Pencegahan korosi pada baja yang belum ditambahkan kromium dapat menggunakan system proteksi katodik. System proteksi katodik digunakan untuk melindungi berbagai struktur logam pada berbagai lingkungan. Saat ini System proteksi katodik secara lias digunakan dalam tanah dan air, baja atau jalur pipa dan tangki, tumpukan baja. Pencegahan pada pipa dan struktur baja dapat menggunakan produk kami yaitu petrolatum tape dan wrapping tape . Petrolatum tape is ideal for protecting pipes and steel structures at above and below the ground. Petrolatum tape used by wrapping around the outside of the pipe or steel that to be protected.