Informasi

Pilihan perlindungan katodik

Pilihan perlindungan katodik June 01, 2016

Dalam desain skema perlindungan katodik, keputusan harus dibuat mengenai apakah skema tersebut harus berupa sacrificial anode atau sistem impressed-current atau campuran dari dua sistem tersebut.

Sistem Sacrificial anode memiliki keuntungan yaitu

  1. Mudah dipasang,
  2. Independen dari sumber daya listrik,
  3. Cocok untuk perlindungan lokal,
  4. Cenderung tidak menyebabkan interaksi pada struktur lainnya.

Sulit untuk melindungi struktur secara berlebihan dan cukup mudah untuk mendapatkan potensi elektroda yang seragam di seluruh struktur. Keterbatasan sacrificial anode yang paling parah adalah kekuatan pendorong kecil yang membatasi penggunaannya pada lingkungan konduktif atau sistem yang dilapisi dengan baik. Untuk melindungi struktur besar, seperti pipa, dengan anoda korban, sejumlah besar dari mereka akan perlu didistribusikan di sepanjang itu, yang melibatkan beragam koneksi listrik dan pekerjaan instalasi yang cukup besar.

Keuntungan dari sistem impressed-current yaitu

  1. Kekuatan pendorong besar yang tersedia dapat melindungi struktur besar, bahkan tidak dilapisi, di lingkungan dengan resistivitas tinggi,
  2. Relatif sedikit anoda yang dibutuhkan,
  3. Tegangan dapat disesuaikan untuk memungkinkan perubahan lingkungan dan pelapisan.

Sistem impressed-current dapat memungkinkan perlindungan berlebih yang besar, dan variasi potensial yang cukup besar pada struktur sulit untuk dihindari.

Secara umum, skema sacrificial anode telah banyak digunakan untuk struktur permintaan kecil berlapis rendah baik atau untuk perlindungan lokal, dengan skema impressed-current digunakan untuk struktur kompleks besar yang mungkin tidak dilapisi dengan baik. Namun, dalam pekerjaan lepas pantai Laut Utara, telah ditemukan ekonomis untuk memberikan perlindungan galvanik ke platform besar yang tidak dilapisi dan struktur serupa di mana biaya pelapisan menjadi penghalang. Selain itu, anoda galvanik menawarkan sistem yang kuat dan mudah dipasang yang, karena tidak tergantung pada sumber daya, memberikan perlindungan segera saat "float-out" dari struktur.