Informasi

Perlindungan katodik Impressed Current

Perlindungan katodik Impressed Current May 12, 2016

application of cathodic protection by an impressed currentGambar 1. Aplikasi perlindungan katodik dengan impressed curernt

Pengaturan untuk melindungi pipa yang terkubur diilustrasikan pada gambar 1. Pipa yang terkubur menerima arus dari sumber daya DC melalui elektroda inert tambahan yang terkubur di tanah. Pipa menjadi katoda dan elektroda bantu anoda. Elektroda bantu terkadang terdiri dari besi tua. Dalam hal ini besi akan larut dari anoda melalui reaksi Fe > Fe2+ + 2e dan elektroda digambarkan sebagai anoda yang dapat dikonsumsi. Jika anoda adalah logam mulia atau bahan inert elektrokimia, lingkungan sekitarnya akan teroksidasi dan dalam reaksi air 2H2O > O2 + 4H+ + 4e akan terjadi. Namun, dalam larutan salin, klorin dapat diproduksi di anoda. Ini dapat menimbulkan masalah di ruang terbatas.

Berbagai bahan telah digunakan sebagai anoda yang tidak dapat dikonsumsi untuk sistem impressed-current. Jenis properti yang diperlukan oleh anoda ini adalah:

  1. Konduksi listrik yang baik,
  2. Tingkat korosi yang rendah,
  3. Sifat mekanik yang baik, tahan tekanan yang mungkin dikenakan selama instalasi dan dalam pelayanan,
  4. Mudah dibuat menjadi berbagai bentuk,
  5. Biaya rendah,
  6. Mampu menahan kepadatan arus tinggi di permukaannya tanpa membentuk lapisan oksida penghalang resistif, dll.

Bahan-bahan berikut telah digunakan sebagai anoda: magnetit, bahan berkarbon (grafit), besi silikon tinggi (14-18% Si), timbal / timbal oksida, paduan timbal, bahan platinis (seperti tantalum, niobium, titanium). Platinum, dengan ketahanannya yang tinggi terhadap korosi, akan menjadi bahan anoda yang ideal tetapi memiliki kerugian besar dari biaya yang sangat tinggi.

Dalam praktiknya, tegangan hingga 100 V dan kerapatan arus tinggi dimungkinkan pada anoda impressed-current (lihat Tabel). Dengan demikian, area yang luas dari suatu struktur dapat dilindungi dari anoda tunggal dan, karena tegangan penggerak yang tinggi, anoda dapat ditempatkan jauh dari struktur.

Bahan anodaMaks volts*Tipikal kerapatan arus anoda
A m-2
Platinum / niobium100250 – 1500
Timbal / perak / antimon100250 – 1000
Besi silikon tinggi10010 – 100
Grafit-200